Rabu, 29 Desember 2010

Pergerakan Mahasiswa

 













Judul Buku : QUO VADIS Pragmatisme Vs Idealisme
Penulis         : Jamsari, Astar Hadi, Awang Dharmawan, dkk.
Penyunting : Jamsari
Penerbit      : Mata Padi Presindo Yogyakarta, Madzhad Djaeng, HMI Cabang Malang Komisariat FISIP UMM
Tebal             : viii+158 hal
Cetakan        : Januari 2011
ISBN              : 978-602-98226-2-5



Kemana Arah Pergerakan Mahasiswa?

Student now leader tomorrow”
(Prof. Dr. H. A. Malik Fadjar MSc.).

Sebuah kalimat yang kerap kali diucapkannya, salah satunya memotret makna masa depan sosok mahasiswa yang syarat dengan tantangan dan kesabaran berproses untuk menemukan jati dirinya. 
 
Hal itu menjadi salah satu jendela kontemplasi untuk melihat arah dan sisi sebuah dinamika pergerakan mahasiswa dalam historis masa lampau dan kekinian. Tanpa kita sadari kata “maha” dan “siswa”, menjadi “buah” tuntutan zaman dengan status yang diembannya untuk menentukkan jalan hidup di tingkat kematangan ilmu pengetahuan.

Proses yang menjadi out put hingga out come adalah bentuk yang harus diejawantahkan dalam ruang-ruang organisasi (intra-ekstra), forum-frum diskusi, aktivitas-aktivitas positif untuk melatih nalar keteladanan hingga mencapai suatu kesimpulan pada sosok pribadinya sebagai agen of change.

Oleh karenanya, sebuah karya ini memiliki makna dan tujuan yang tak lepas dari apa itu fungsional, asas, tujuan, hingga membentuk karakteristik sosok mahasiswa yang dapat disebut sebagai “pemimpin berkarakter” bagi masa depan diri dan bangsanya secara kontekstual zaman.

Kiranya, melatih dan memulai tanggung jawab persoalan dari hal terkecil sampai yang besar menjadi fase penggodokan nalar humanisme kritis, dalam sudut emansipatoris dengan salah satu jalan transformatif untuk tetap berkarakter pengetahuan luhur secara pribadi dan sosial.

Malang, 27 November 2010
Jamsari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan kritik dan saran anda melalui kotak komentar di bawah, dan apabila ingin memberikan tanggapan yang lebih panjang bisa langsung menghubungi via Email